Kawah Sikidang Bisa Menjadi Pengalaman Wisata yang Menarik

Kawah Sikidang –  Kawah Sikidang termasuk salah satu obyek wisata unggulan yang berada di Dieng yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau rekan-rekan anda. Dibandingkan  kawah lain yang ada di Dieng, Sikidang merupakan kawah yang sangat mudah dicapai. Karena lokasi Kawah ini berada terletak di tanah datar.

Sikidang Dieng ini juga terkenal sebagai fenomena kolam yang kawahnya dapat berpindah dalam sebuah kawasan ke kawasan lainnya. Itulah mengapa Kawah Sikidang menjadi sebuah kawah di Dataran Tinggi Dieng yang sering diminati oleh para pengunjung. Terutama di hari minggu  para wisatawan berbondong-bondong mengamati vulkanik secara langsung.

 Kawah Di Sikidang Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan

Kawah Dataran Tinggi Dieng ini menunjukkan bahwa aktivitas vulkanik menjadi daya tarik pelancong. Kawah biasanya akan berada di dasar paling bawah, dan hanya bisa dinikmati dari puncak gunung. Namun, Kawah Sikidang ini berada di dataran yang membuat anda leluasa menyaksikan lumpur panas dan gas yang meletup-letup  dengan warnanya yang putih pekat.

Kawah di sini mengepul tebal di udara yang menjadikan fenomena ini menjadi perhatian setiap wisatawan yang berkunjung  ke tempat ini. Sebenarnya kawah ini secara alami terbentuk akibat letusan gunung berapi yang berada di kawasan tinggi Dieng. Pada kawan ini anda akan melihat langsung aktivitas vulkanik yang meletup-letupnya lumpur dan gas beracun yang pekat.

Kawah di Sikidang ini merupakan kawah yang fenomenal. Dalam sekali 4 tahun, kolam kawah yang berada di dasar seolah akan melompat atau berpindah ke kawasan lain. Orang Jawa kuno akan mengartikan ini seperti karakter hewan kidang atau kijang yang biasanya melompat-lompat. Itulah alasan mengapa kawasan ini dinamai dengan Kawah Sikidang.

Kawah ini berlokasi di desa Dieng bagian barat, di kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Letaknya sangat begitu dekat dengan Candi Bima dan Arjuna. Masuk ke kawasan ini dengan membayar tiket masuk yang merupakan terusan dari wisata candi Bima dan  Arjuna. Hal ini berarti, anda akan menikmati objek wisata candi terlebih dulu.

Pemandangan Menakjubkan Di Kawah Sikidang

Seperti halnya kawah pada umumnya, kawah Sikidang memiliki kandungan belerang atau sulfur yang amat pekat dan beracun. Untuk itu, ketika berada di kawasan ini alangkah baiknya memakai masker. Jangan lupa memperhatikan rambu-rambu di dekat kawah agar perjalanan wisata anda aman terkendali.

Jangan melanggar aturan yang akan membahayakan diri anda. Selain itu pengunjung juga sangat dilarang menyalakan api dan merokok. Api yang menyulut kawah bisa menyebabkan kebakaran. Sebab zat-zat dari gunung ini berbahaya dan bisa menimbulkan ledakan hingga kebakaran. Oleh karena itu, lestarikan dengan menjaga kawasan wisata kita dengan baik.

Saat anda berada di Kawah Sikidang ini, anda akan melihat tanah yang ikut memutih akibat kandungan sulfur. Itulah mengapa tanah di sini tergolong tanah tandus. Selain itu, tanah yang ada di sekitar kawah juga rapuh dan mudah ambrol. Karena bahayanya tempat ini, oleh petugas pengelola wisata ini memasang pagar-pagar pembatas dari bambu untuk keamanan.

Yang paling dicari oleh para pengunjung di sini adalah memasak telur rebus. Hanya butuh waktu sekitar 5 menit telur mentah bisa matang. Caranya dengan merebusnya di sebuah kawah kecil di sekitar lokasi wisata. Selain itu, anda juga masih bisa berbelanja belerang sebagai souvenir untuk dibawa pulang.

Melakukan destinasi ke Kawah Sikidang ini tentunya akan menjadi pengalaman luar biasa dengan menyaksikan langsung aktivitas vulkanik dari gunung berapi. Selain itu anda juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto wefy bersama rekan-rekan anda. kawan ini bisa jadi pilihan destinasi yang tidak melulu mengunjungi pemandangan alam yang hijau saja.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *