Inilah Beberapa Obyek Wisata Dieng yang Recommended Untuk Para Traveler

Wisata Dieng – Tempat wisata Dieng Wonosobo memang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata Dieng adalah salah satu obyek wisata di Indonesia yang cukup terkenal. Dieng merupakan dataran tinggi atau wisata pegunungan yang terletak di Jawa Tengah. Dieng berasal dari bahasa Kawi, “Di” artinya tempat/ gunung dan “Hyang” artinya Dewa. Dua kata ini digabung menjadi Dieng yang bermakna daerah pegunungan tempat dewa bersemayam. Namun tidak hanya itu wisata Dieng juga memiliki teori nama lain yang berasal dari bahasa Sunda (di hyang).

Tempat wisata yang kaya akan keindahan alam ini termasuk ke dalam 2 wilayah, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Selain terkenal dengan obyek wisata yang sarat akan keindahan alamnya, wisata Dieng juga menawarkan objek wisata yang bersejarah. Berikut ini informasi obyek atau tujuan wisata Dieng yang direkomendasikan untuk dikunjungi jika berlibur ke Jawa Tengah.

  1. Telaga Warna

Wisata Dieng yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu warna air telaga yang bisa berubah-ubah menjadi warna merah, biru bahkan kadang seperti warna pelangi.

Jika memasuki kawasan telaga warna ini makan akan dibuat takjub juga oleh pemandangan pegunungan serta pohon-pohon yang berderetan di sekeliling telaga.

Di kawasan wisata Dieng Telaga Warna juga terdapat telaga lain yaitu Telaga Pengilon tepatnya di sisi selatan Telaga Warna. Telaga Pengilon memiliki ukuran lebih kecil dari Telaga Warna.

  1. Kawah Sikidang

Kawah ini merupakan kawasan wisata Dieng yang terletak tidak jauh dari telaga warna yaitu sekitar 800 meter. Lokasi Kawah Sikidang ini berada di tanah yang datar. Para pengunjung bisa melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah dengan jelas dari jarak yang cukup dekat.

  1. Candi Pandawa Lima

Wisata Dieng yang bersejarah ini adalah peninggalan umat hindu. Komplek percandian di dataran tinggi Dieng ini terdiri dari 5 candi yaitu : Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Stiaki, Candi Ndwarawati, dan Candi Bima.

  1. Telaga Dringo

Terletak di perbatasan Banjarnegara, Telaga Dringo merupakan kawasan wisata Dieng yang dijadikan untuk melihat sunrise. Para wisatawan sering memanfaatkan perbukitan yang mengapit telaga ini untuk melihat sunrise dan pemandangan gunung sambil camping.

  1. Telaga Menjer

Telaga Menjer adalah telaga terluas di Wonosobo, tepatnya Desa Maron kecamatan Garung kabupaten Wonosobo. Telaga ini digunakan sebagai PLTA oleh warga.

  1. Telaga Cebong

Seperti Telaga Dringo, Telaga Cebong ini juga biasa dijadikan para wisatawan untuk camping dan melihat sunrise. Lokasi telaga ini berada di Desa Sembungan yang merupakan desa yang terletak  di wilayah tertinggi di Jawa Tengah dengan suhu udara yang sangat dingin mencapai 0 sampai minus 0 derajat celcius.

Wisatawan bisa melihat sunrise di Bukit Sikinir, bukit atau puncak tertinggi di kawasan Telaga Cebong.

  1. Bukit Sikunir

Bukit ini terletak di kawasan wisata Dieng Telaga Cebong. Bukit Sikunir atau Gunung Sikunir ini bisa dikatakan gunung terbaik untuk melihat fenomena sunrise yang disebut golden sunrise.

  1. Gunung Prau

Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.  Gunung Prau masuk ke dalam 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung ini juga disebut Bukit Teletubbies dan Gunung Seribu bukit karena di gunung ini wisatawan bisa melihat pemandangan bukit-bukit kecil yang hijau, sangat indah sekali.

  1. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda terletak di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Sumur Jalatunda memiliki tebing yang terjal di sekelilingnya dan berbentuk seperti cekungan, oleh karena itu wisatawan tidak bisa turun atau berada lebih dekat ke bawah. Namun di kawasan ini wisatawan juga akan menemui pemandangan sawah dan bukit-bukit yang hijau.

 

Itulah beberapa obyek wisata Dieng yang direkomendasikan yang boleh dicoba/ dikunjungi untuk para traveler yang sedang merencanakan liburan. Tentu masih ada beberapa obyek wisata menarik lainnya yang berada di kawasan Wisata Dieng dan yang tidak kalah populernya.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *