Candi Prambanan – Merupakan candi yang sangat terkenal selain Candi Borobudur bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Letaknya candi yang berada di Kabupaten Klaten yang tak jauh dari Jogja membuat wisatawan semakin mudah mengakses candi ini ketika berwisata ke Jogja.

Tentang Candi Prambanan

Candi yang sudah berdiri sejak tahun 805 Masehi ini merupakan peninggalan Wangsa Sanjaya dan menjadi kompleks candi terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Tak heran jika setiap tahunnya banyak wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan untuk menikmati keeksotisan candi sambil belajar sejarah.

Tak hanya memiliki nilai sejarah serta legenda yang mengagumkan, Candi Prambanan juga memiliki bangunan yang menjulang tinggi dan kokoh. Dimana candi ini memiliki tinggi sekitar 47 meter dengan luas 39,8 hektar. Bahkan candi ini lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur yang pastinya akan semakin indah dan megah jika dilihat dari kejauhan.

Kemegahan Candi Prambanan tak bisa lepas dari keistimewaan yang dimiliki oleh candi ini yang mungkin tak dimiliki oleh candi lainnya. Dimana candi ini merupakan candi Hindu yang tergambar dari bentuk bangunan yang terdiri dari 3 bagian yang terdapat di bagian halaman utama candi. Bagian tersebut merupakan perwujudan dari inti kepercayaan agama Hindu yaitu Trimurti sehingga candi ini memiliki 3 bangunan candi yang disebut sebagai Candi Wisnu, Brahma serta Siwa.

Selain itu masing-masing candi tersebut juga memiliki pendamping dan memiliki 2 candi apit, 4 candi sudut dan 4 candi kelir di masing-masing candi utama. Hal ini tentu akan semakin memperindah pemandangan di sekitar candi yang membuat siapa saja takjub dengan peninggalan sejarah yang syarat akan nilai budaya ini.

 

Keistimewaan Candi Prambanan

Tak hanya memiliki kompleks bangunan candi yang megah, Candi Prambanan juga memiliki relief yang terdapat di dinding candi. Relief tersebut menceritakan tentang kisah Ramayana yang membuat wisatawan tertarik.

Terdapat pula relief pohon kalpataru yang menjadi pohon kehidupan keserasian dan kelestarian bagi umat Hindu. Tetapi yang unik dari relief pohon Kalpataru ini adalah sedang mengapit singa yang menggambarkan ada masa itu masyarakat sudah mengelola lingkungannya.

Keistimewaan yang dimiliki oleh Prambanan yaitu wisatawan bisa belajar sejarah dan menambah pengetahuan seluk beluk candi melalui musium yang terdapat di kompleks candi. Di dalam musium ini terdapat peninggalan sejarah berupa cerita ditemukannya candi hingga proses renovasi candi hingga akhirnya berdiri kokoh sampai sekarang ini.

Terdapat pula taman bermain untuk anak-anak serta fasilitas kereta mini yang akan mengajak buah hati keliling kompleks candi.  Keistimewaan lain yang tak kalah menarik dari Candi Prambanan adalah adanya pementasan Sendratari Ramayana yang sayang jika dilewatkan.

Dalam pertunjukan sendratari tersebut akan ditampilkan beberapa kesenian khas Jawa yang dijamin berkesan dan indah. Kesenian yang ditampilkan dalam pertunjukan tersebut antara lain musik, drama dan tari dengan kisah Ramayana.

Uniknya lagi, sendratari yang dipertunjukkan tersebut merupakan terjemahan dari relief di candi yang menceritakan kisah Ramayana. Dengan jalan cerita pertunjukan yang cukup lama durasinya tetapi tidak membuat penonton merasa bosan karena tokoh-tokoh yang bermain dalam sendratari menyuguhkan pertunjukan yang mampu membawa penonton seolah berada dalam cerita tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pertunjukan sendratari bisa menikmatinya pada malam bulan purnama. Anda yang penasaran dengan keistimewaan Candi Prambanan, sebaiknya jangan sampai lewatkan kesempatan untuk berkunjung dan menikmati langsung pesona candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini.

Selain berwisata, Anda bisa menambah ilmu pengetahuan dengan belajar sejarah serta menyaksikan pertunjukan sendratari Ramayana yang hanya bisa Anda nikmati saat malam bulan purnama saja.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*