Candi Borobudur – Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang tak boleh ketinggalan bagi Anda yang berwisata ke Yogyakarta dan sekitarnya. Keindahan serta kemegahan candi ini bahkan sudah sangat terkenal bagi wisatawan mancanegara yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk melihat secara langsung megahnya Candi Borobudur yang merupakan peninggalan zaman Syailendra. Sebetulnya letak candi ini berada di Kabupaten Magelang dan tak jauh dari Yogyakarta sehingga sangat mudah ditempuh.

Candi yang sudah berusia ratusan tahun ini kini tetap berdiri kokoh dengan hiasan relief, arca dan stupa yang semakin mempesona candi ini. Selain itu, hingga saat ini Candi Borobudur juga masih menjadi tempat upacara keagamaan bagi umat Budha terutama saat merayakan hari raya Waisak. Bagi Anda yang ingin berwisata ke candi ini, selain menikmati wisata sejarah Anda juga bisa menikmati keindahan candi dengan cara lain yang lebih seru. Berikut ini akan dijelaskan cara menikmati wisata Candi Borobudur yang bisa Anda coba.

  1. Menunggangi gajah

    Salah satu cara yang bisa dilakukan wisatawan untuk menikmati keindahan Candi Borobudur adalah dengan berkeliling kawasan sekitar candi dengan menunggangi gajah. Kegiatan ini disebut sebagai Safari Gajah Borobudur yang akan mengantar wisatawan melihat secara langsung kegiatan di pedesaan yang ada di sekitar candi serta menghirup udara segar khas pedesaan.

  2. Bersepeda

    Selain safari gajah, juga tersedia persewaan sepeda yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling kawasan di sekitar candi. Saat menaiki sepeda Anda bisa menikmati keindahan hamparan sawah hijau pada pagi dan sore hari yang memanjakan mata. Sambil bersepeda Anda bisa mampir ke Candi Mendut dan Candi Pawon untuk melihat keindahan candi-candi tersebut. Pada siang hari Anda bisa mampir ke Museum Kapal Samudera serta Museum Karma Wibahangga yang pastinya banyak memiliki nilai sejarah.

  3. Wisata pedesaan di sekitar candi Borobudur

    Selain menikmati keindahan candi, Anda juga mampir berwisata pedesaan dengan mengunjungi Dusun Klipoh. Dimana di dusun tersebut Anda bisa belajar membuat kerajinan gerabah yang pastinya sangat seru dan memberikan pengalaman bagi wisatawan. Anda bisa mengunjungi dusun Klipoh dengan berjalan kaki atau menaiki sepeda karena lokasinya yang tidak jauh dari Candi Borobudur.

  4. Menaiki kereta kelinci

    Bagi wisatawan yang mengajak buah hati yang masih kecil bisa mengajak mereka menaiki kereta kelinci untuk berkeliling candi. Hal ini pasti sangat disukai anak-anak karena mereka tidak perlu capek berjalan kaki berkeliling candi karena lokasinya yang cukup luas.

  5. Wisata kuliner

    Untuk melengkapi wisata Anda, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan kuliner khas Borobudur yaitu bakmi jawa dan tongseng jamur. Rasanya yang khas pastinya akan memanjakan lidah Anda dan membuat ketagihan.

  6. Sunrise di Borobudur

    Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi keindahan Borobudur yang berbeda silakan datang di pagi hari untuk menikmati sunrise melalui puncak candi atau bisa dari bukit Punthuk Setumbu. Dari kedua lokasi ini sunrise akan tampak cantik dan berselimut kabut sehingga nuansa akan semakin terasa.

  7. Sunset di Borobudur

    Tak hanya bisa menikmati sunrise saja, Anda juga bisa menikmati sunset di sore hari dari puncak candi. Suasana senja dan semburat sinar matahari yang mulai tenggelam akan memberikan nuansa yang romantis terlebih jika Anda menikmatinya bersama pasangan.

Bagi Anda yang berencana ingin berwisata ke Candi Borobudur jangan sampai lewatkan kesempatan menikmati keindahan candi dengan cara-cara di atas. Karena cara-cara di atas akan membuat liburan Anda semakin seru dan membuat ketagihan sehingga Anda tak akan bosan meskipun harus berwisata di candi.

 

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*