Museum Ullen Sentalu – Salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan saat Anda berwisata ke Yogyakarta. sebuah wesbite pariwisata menyebut Museum Ullen Sentalu sebagai museum terbaik di Indonesia yang sangat disarankan untuk dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Jogja. Meskipun berada di dekat lereng Gunung Merapi tetapi mesum ini dijamin aman dan mampu menyajikan destinasi wisata yang unik dan berpadu dengan keindahan alam sekitarnya yang masih asri.

Wisata Keliling Museum Ullen Sentalu yang Menyenangkan

Berada di lereng Gunung Merapi yang pernah mengalami erupsi yang sangat dahsyat mungkin membuat sebagian wisatawan merasa takut untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Tetapi tak perlu khawatir, justru susana di sekitar lereng Merapi terasa damai dan sejuk. Berada di Jalan Boyong  Kaliurang museum ini terasa sejuk karena berpadu dengan hawa pegunungan sekitarnya. Bahkan tampak pepohonan rimbun di sekitar museum yang pastinya akan menjadi hamparan pemandangan unik yang sayang jika tak diabadikan.

Bagi wisatawan yang penasaran dengan Museum Ullen Sentalu sebaiknya segera rencanakan untuk mampir ke objek wisata ini saat berkunjung ke Jogja. Museum ini buka setiap hari kecuali hari senin. Untuk harga tiket yang ditawarkan memang lebih maha daripada museum lainnya tetapi Anda dijamin tidak rugi berwisata di museum terbaik di Indonesia ini. Apabila Anda datang bersama rombongan, silakan melakukan reservasi terlebih dahulu agar memperoleh prioritas tur dari pihak pengelola museum.

Museum ini memang menjadi museum terbaik di Indonesia karena tata kelola serta layanannya yang prima. Hal ini disebabkan karena bagi para pengunjung museum akan didampingi oleh pemandu yang sudah berpengalaman dan memiliki pengetahuan mengenai segala macam koleksi museum yang akan dijelaskan secara rinci kepada pengunjung museum. Selain itu nantinya di dalam museum berisi koleksi yang menawan seputar kebudayaan Jawa yang tak lain adalah peninggalan bersejarah Kerajaan Mataram.

Menjelajah Museum Ullen Sentalu

Memasuki Museum Ullen Sentalu, wisatawan akan diajak untuk memasuki beberapa ruangan dimana pada setiap ruangan memiliki koleksi yang berbeda. Untuk ruangan pertama merupakan ruang seni yang berisi seperangkat koleksi gamelan peninggalan Kerajaan Mataram. Koleksi gamelan tersebut masih tersimpan dengan rapi dan tampak terawat dengan baik oleh pihak pengelola museum.

Berikutnya wisatawan akan diajak untuk menuju Guwo Selo Giri yang tak lain adalah ruang pameran lukisan. Dimana lukisan yang dipamerkan pada ruangan tersebut merupakan lukisan 4 tokoh terkenal zaman dinasti Mataram kala itu. Lukisan yang terpajang bisa menambah wawasan pengunjung yang ingin belajar sejarah Mataram yang pernah berjaya di zaman kerajaan.

Perjalanan berkeliling museum akan dilanjutkan dengan mengunjungi Kampung Kambang yang dibagi menjadi 5 ruang pameran. 5 ruangan ini mempertujukkan berbagai koleksi syair, batik sampai album hidup GRKay yang memiliki nama Siti Nurul Kusumawardhani. Sedangkan ruangan terakhir dari Museum Ullen Sentalu yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Sasana Sekar Buwana serta Koridodr Letja Randa yang tak lain adalah museum outdoor.

Setelah lelah berkeliling museum dari ruang pertama hingga yang paling akhir, berikutnya wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati sajian lezat di Restoran Beukenhof. Restoran ini memiliki desain arsitektur yang unik serta menyajikan makanan yang dijamin menggoyang lidah sambil menikmati suasana alam di sekitar museum.

Yogyakarta memang memiliki banyak destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Ullen Sentalu dimana berwisata di museum ini Anda tak hanya bisa belajar sejarah kerajaan Mataram tetapi juga bisa menikmati keindahan alam sekitar museum yang khas pegunungan dan membuat damai.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*