Pantai Sundak – merupakan satu diantara pantai-pantai indah di Gunung Kidul. Tak dapat dipungkiri bahwa kawasan Gunung Kidul memiliki banyak pantai indah yang masih alami dan wajib untuk dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati wisata bahari di Jogja. Tentu saja wisata bahari bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati sensasi liburan yang lebih seru selain mengunjungi Malioboro, Candi Borobudur dan Keraton Jogja. Salah satu destinasi wisata Bahari di Jogja yang sangat direkomendasikan adalah Pantai Sundak.

Mengenal Sejarah Pantai Sundak

Dibalik keindahan Pantai Sundak yang kini mulai banyak dikenal wisatawan ternyata pantai ini memiliki sejarah yang unik dan membuat siapa saja tercengang. Sejarah pantai ini dimulai dengan pemberian nama Sundak yang merupakan asal dari kata asu landak. Menurut warga sekitar, pada zaman dahulu sekitar tahun 1976 terdapat sebuah kisah adanya seekor anjing yang kelaparan lalu menemukan landak laut di dalam gua lalu anjing tersebut ingin landak menjadi santapannya.

Tetapi kedua hewan tersebut justru akhirnya berkelahi di sebuah gua yang ada di pinggir pantai. Ketika pemilik anjing mencari lalu menemukan anjingnya tersebut ternyata sang anjing keluar dari gua sambil menggigit sebagian tubuh landak laut. Kemudian pemilik anjing merasa penasaran karena setelah keluar dari gua ternyata tubuh si anjing malah basah kuyup.

Setelah masuk ke dalam gua ternyata terdapat sebagian tubuh landak dan mata air tawar. Dimana mata air tersebut akhirnya dijadikan sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar yang mengalami kekeringan air selama bertahun-tahun.

Sejak saat itulah nama pantai di dekat gua tersebut diberi nama Pantai Sundak. Padahal sebelumnya pantai tersebut memiliki nama Pantai Wedi Bedah. Bahkan gua yang menjadi sumber air tawar tersebut juga masih bisa dikunjungi wisatawan yang datang ke Pantai.

Berwisata Seru Di Pantai Sundak

Pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul ini menyajikan pemandangan pantai yang masih sangat alami. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang bersih sehingga membuat siapa saja tak sabar untuk segera bermain air ketika tiba di pantai ini. Tetapi cukup disayangkan karena ombak di Sundak tergolong besar dan berbahaya karena masih termasuk dalam kawasan pantai selatan. Oleh karena itu wisatawan tidak diijinkan untuk berenang di pantai.

Meskipun begitu wisatawan masih bisa menikmati keindahan pantai dari pinggir pantai karena air pantai yang jernih serta adanya hamparan batu karang di sekitarnya menjadikan hamparan pemandangan pantai yang sangat mempesona. Air yang jernih menjadikan batu karang di dasar pantai bisa terlihat dengan jelas. Selain itu terdapat batu karang besar di sekitar pantai yang ternyata batu karang tersebut merupakan pembatas  dengan pantai lainnya.

Bagi wisatawan yang tertarik ingin berlibur di Pantai Sundak tak perlu khawatir karena di sekitar pantai sudah tersedia berbagai fasilitas demi kenyamanan wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain kamar mandi, mushola, warung makan, dan gubuk di pinggir pantai yang bisa disewa oleh wisatawan. Sedangkan untuk hotel atau penginapan belum ada di pantai ini sehingga wisatawan harus membawa tenda sendiri jika ingin bermalam di sekitar pantai. Harga tiket masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau yaitu sekitar 5 ribu rupiah saja perorang.

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata yang berbeda di Yogyakarta, silakan untuk memasukkan Pantai Sundak sebagai destinasi wisata Anda. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan masih sangat indah dan alami. Agar lebih seru ajaklah keluarga atau teman-teman Anda untuk bercamping di sekitar pantai yang pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

 

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*