Goa Pindul – Merupakan salah satu pilihan wisata alam di Gunung Kidul Jogja yang menawarkan wisata sambil memacu adrenalin yang dijamin membuat ketagihan. Berlokasi di Desa Gelaran Bejiharjo Kabupaten Gunung Kidul, wisata Goa Pindul menyajikan pesona keindahan goa yang memiliki stalagtit dan stalagmit. Keindahan ini bisa Anda rasakan secara langsung sambil menikmati suara gemercik air sungai di dalam goa yang membuat petualangan di dalam goa terasa semakin menantang.

Susur Goa Pindul Menggunakan Ban yang Seru dan Menyenangkan

Wisata Goa Pindul akhir-akhir ini memang begitu menjadi bahan perbincangan dan banyak diminati oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Hal ini disebabkan karena wisata ini menyajikan susur goa yang unik dengan menggunakan ban berukuran besar yang dinaiki oleh masing-masing wisatawan. Selain itu untuk keselamatan juga tersedia pelampung yang harus dipakai oleh wisatawan saat menyusuri goa.

Goa yang disusuri tersebut berada di bawah tanah dan terdapat aliran sungai di dalamnya. Jarang antara permukaan air hingga ke atap goa diperkirakan sekitar 4 meter. Goa ini memiliki lebar sekitar 5 meter dengan kedalaman sekitar 5 hingga 12 meter.

Adanya aliran sungai tersebut menjadikan susur goa bisa lebih mudah serasa menaiki perahu tetapi menggunakan ban. Untuk menyusuri Goa Pindul dibutuhkan waktu sekitar 50 menit dengan jarak lintas yang ditempuh di dalam goa sepanjang 350 meter. Penyurusan dimulai dari mulut goa hingga bagian ujung goa.

 

Kegiatan Susur Goa Pindul

Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba aktivitas susur Goa Pindul ini tak perlu khawatir karena dalam setiap rombongan akan ada pemandu yang bertugas memberikan penjelasan mengenai stalagtit dan stalagmit di dalam goa serta menjaga keselamatan pengunjung yang mengikuti susur goa.

Sambil menikmati gemercik dan dinginnya air di dalam goa, wisatawan akan dibuat terpesona dengan keindahan di dalam goa yang merupakan hasil proses alami yang membutuhkan waktu puluhan bahkan ratusan tahun lamanya. Ornamen di dinding goa tersebut terlihat seperti lukisan abstrak yang sangat menakjubkan.

Keunikan yang dimiliki oleh goa ini adalah adanya stalagtit dan stalagmit yang menyatu dan membntuk tiang yang sangat besar. Bahkan jika dipukul akan memunculkan bunyi seperti bunyi gong. Stalagtit ini bahkan menjadi stalagtit nomor 4 terbesar di dunia sehingga pasti akan membuat wisatawan takjub melihatnya. Untuk stalagtit yang aktif biasanya akan meneteskan air dimana air tetesan tersebut dipercaya bisa membuat wajah awet muda jika meminumnya.

Wisatawan yang mengikuti kegiatan susur Goa Pindul akan diajak untuk memasuki 3 zona di dalam goa. Dimana 3 zona tersebut antara lain adalah zona terang, zona remang serta zona gelap. Meskipun menyusuri goa di atas air, tetapi kegiatan ini dijamin aman untuk anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini disebabkan karena arus sungai di dalam goa yang selalu tenang meskipun pada musim penghujan. Perlu Anda ketahui bahwa aliran sungai ini berasal dari sumber mata air sehingga aman dan tidak berbahaya bagi kulit.

Sambil dibawa menyusuri setiap zona di dalam goa, wisatawan akan bertemu dengan ruangan yang terdapat lubang lebar di atasnya. Dari lubang inilah sinar matahari bisa masuk ke dalam goa sehingga menghasilkan pancaran sinar yang indah. Menurut masyarakat setempat lubang ini disebut juga sebagai sumur terbalik.

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata yang unik dan menantang di Jogja, silakan mengunjungi Goa Pindul yang berada di Gunung Kidul. Ajaklah teman atau keluarga agar wisata susur goa semakin seru sambil bergandengan tangan menaiki ban yang terjamin keamanannya karena memiliki tali yang kuat menahan beban dan tali untuk berpegangan para penumpangnya.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*