Sunrise Bukit Setumbu – Sebagian besar orang terutama fotografer pastilah akan mencari spot terbaik untuk mendapatkan sunrise. Tak terkecuali spot sunrise Bukit Setumbu Magelang, menampilkan sunrise luar bisa indah dengan background candi Borobudur yang diselimuti kabut. Bukit Setumbu dinilai sebagai spot terbaik untuk mendapatkan sunrise dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, di tengahnya  ada pemandangan memukau candi Borobudur. Wisatawan akan sangat dimanjakan pemandangan indah bila berada di Bukit Setumbu saat sunrise.

Menatap Sunrise Bukit Setumbu

Sunrise dapat menjadi magnit tersendiri, lokasi Bukit Setumbu yang tak jauh dari Borobudur ini memang sangat menguntungkan bagi para wisatawan asing maupun warga lokal. Merupakan pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas, terdapat pula rumah panggung, gazebo ataupun kursi yang dapat anda gunakan duduk sembari menunggu sunrise atau menikmati sunrise dengan duduk.

Trekking menuju Bukit Setumbu memang sedikit melelahkan namun akan terbayar lunas saat anda sampai di titik lokasi. Kabut yang menyelimuti Borobudur sangat memukau, tak jarang saat pagi bukit ini dipenuhi oleh para wisatawan lokal maupun luar.

Wisatawan yang ingin menyaksikan sunrise harus datang kisaran jam 05.00 WIB, jarak antara puncak bukit dan parkir kendaraan lumayan jauh. Butuh sekitar 15 menit untuk mencapai puncak bukit. Wisatawan akan melewati trekking berupa jalan makadam yang menanjak, bagi anda yang mungkin cepat lelah atau tidak kuat melewati trek, di dekat tempat parkir sudah disediakan gazebo.

Dari gazebo tersebut anda sudah bisa menikmati pemandangan, memang tak seindah sunrise Bukit Setumbu. Kurang lebih 400 meter di atas permukaan laut, tepatnya di pegunungan Menoreh Bukit Setumbu ini berada.

Sunrise Bukit Setumbu semakin ramai dan viral saat banyak foto muncul di sosial media. Terlebih bila hasil dokumentasi sunrise tersebut dari fotografer professional, akan terlihat semakin memukau. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong hanya untuk menyaksikan sunrise Bukit Setumbu.

 

Waktu Yang Efektif Berkunjung Ke Bukit Setumbu

Bagi anda yang ingin mengabadikan sunrise Bukit Setumbu, sebaiknya saat musim kemarau. Hal itu akan sangat menguntungkan bagi anda, karena trek tidak becek dan licin. Tak sedikit wisatawan yang tergelincir saat melakukan trekking di Bukit Setumbu pada musim hujan.

Sekitar bulan Juni-Agustus pada musim kemarau adalah waktu berkunjung yang efektif, namun bila anda hanya ingin memotret candi Borobudur yang diselimuti kabut, anda dapat berkunjung kapan saja. Pada bulan Juni-Agustus musim kemarau, matahari terbit akan terlihat jelas tanpa diselimuti mendung, sehingga sunrise akan makin indah.

 

Lokasi Bukit Setumbu

Lokasi Bukit Setumbu yang tidak jauh dari Borobudur menguntungkan warga sekitar bukit. Mereka memanfaatkan potensi bukit untuk dijadikan spot menyaksikan sunrise yang berlatar belakang candi Borobudur. Dengan membayar retribusi 15rb per pengunjung, anda akan dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari bukit. Tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang Bukit Setumbu ini jadi destinasi wisata baru.

Lokasinya tidak jauh dari Jogjakarta hanya dengan menempuh perjalanan kurang lebih satu jam menuju Magelang. Akan lebih mudah bila anda menggunakan kendaraan pribadi. Atau untuk dapat menikmati sunrise Bukit Setumbu ini anda dapat naik kendaraan umum dari terminal Jombor Jogjakarta, cari Bus arah Magelang dengan biaya sebesar 25rb anda akan diantar hingga terminal Borobudur, lebih baik menginap agar tidak telat menyaksikan sunrise karena kendaraan umum tidak dapat diprediksi kecepatannya.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*