Tamansari – Jika kita membicarakan lokasi wisata di Jogja, maka ada banyak sekali yang bisa dikunjungi. Salah satu lokasi wisata bersejarah yang populer di sana adalah Tamansari. Destinasi wisata yang satu ini juga termasuk salah satu yang populer dan menjadi rujukan wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara jika mereka berkunjung ke Jogja.

 Napak Tilas Sekilas Tentang Tamansari

Jika kita menilik ke belakang sejenak, ternyata Tamansari memiliki sejarah tersendiri yang menarik. Lokasi wisata yang satu ini memang menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi. Terlebih, dengan adanya beberapa spot foto yang bagus, sehingga hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk mengabadikan beberapa momen penting yang dilakukan di sana.

Dulunya, lokasi ini merupakan bekas taman ataupun kebun Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman ini pun bisa juga dikenal atau disebut dengan Taman Sari Keraton Yogyakarta atau Taman Sari Yogyakarta. Kebun yang terkenal dengan keindahannya ini dulunya dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 sampai dengan 1756/9.

Pada awalnya, Tamansari yang juga mendapat julukan sebagai The Fragrent Garden ini mempunyai luas lebih dari 10 hektare, bahkan ada 57 bangunan yang berupa kolam pemandian, gedung, kanal air, jembatan, sampai dengan danau dan pulau buatan. Di sana, dulunya juga ada lorong bawah air yang memang dibangun untuk dimanfaatkan demi kepentingan tertentu.

Kita mengenal lokasi yang satu ini dengan luas yang bisa disamakan dengan Istana Bogor. Dulunya, kebun ini membentang dari arah barat daya kompleks Kedhaton hingga tenggara kompleks Magangan. Akan tetapi, kini sisa-sisa kebun yang dulunya efektif pada tahun 1765 sampai 1812 ini hanya bisa kita lihat yang ada di bagian barat daya kompleks Kedhaton.

Dulunya, Tamansari dibangun di bekas keraton lama. Tempat ini didirikan oleh Susuhan Pakubuwono II yang berfungsi sebagai tempat persinggahan kereta kuda yang akan melakukan perjalanan ke Imogiri. Akan tetapi, jika dilihat dari bangunannya, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai benteng pertahanan terakhir bila istana mendapat serangan dari pihak musuh.

Kompleks lokasi ini dibagi menjadi 4. Pertama, danau buatan di sisi barat. Kedua, bangunan di sisi selatan danau buatan. Lalu, Kolam Garjitawati dan Pasaren Ledok yang ada di bagian selatan bangunan buatan seperti poin kedua. Terakhir, ada juga bagian sisi timur danau buatan dan bangunan kedua yang meluas hingga timur hingga tenggara kompleks Magangan.

Berwisata Ke Tamansari Yogyakarta

Bagi Anda yang sedang berlibur atau berkunjung ke Jogja, maka tak ada salahnya untuk berkunjung ke Tamansari. Selain bisa mengetahui sejarah tempat yang satu ini, Anda pun bisa menemukan beberapa spot menarik untuk dikunjungi. Apa lagi, jika Anda suka berfoto atau mengabadikan momen. Lokasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menyukai ini.

Lokasi tempat wisata yang satu ini bahkan sangat mudah untuk Anda temukan dan kunjungi. Sudah banyak masyarakat di sekitar atau yang juga berasal dari luar daerah mampir untuk mengunjungi lokasi wisata dengan sejarah tersendiri tersebut. Tempat yang menarik ini sampai sekarang juga masih memiliki air bersih di danau buatan yang bersahabat di mata.

Selain itu, Anda juga masih bisa menikmati beberapa spot lain yang sangat menarik di sana. Tamansari bahkan juga sudah termasuk salah satu lokasi yang sering digunakan sebagai latar foto momen tertentu, khususnya seperti pra wedding. Sudah terbukti bahwa tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit yang bisa dikunjungi jika berada ke Jogja.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*