Tempat menarik Daerah Istimewa Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu menarik untuk dikunjungi, menjadi kota dengan daya magnit pariwisata yang luar biasa. Bahkan satu tempat wisata saja tidak akan membuat bosan bila dikunjungi lebih dari sekali. Pemerintahan Yogya juga terus memperbaiki infrastruktur kotanya. Mulai dari titik 0 Yogya hingga jalan Malioboro terus direnovasi, sehingga selalu ada tatanan kota yang menarik untuk dilihat.

Dari sisi kendaraanpun juga mengalami peningkatan, jumlah trans Yogya yang memadai dan fasilitas nyaman, serta harganya yang murah, membuat para wisatawan semakin betah berada di Yogya. Berikut adalah tempat menarik Daerah Istimewa Yogyakarta yang wajib anda kunjungi.

  1. Candi Prambanan

Tempat menarik Daerah Istimewa Yogyakarta yang wajib anda kunjungi adalah candi Prambanan. Merupakan candi Hindu terbesar se Asia Tenggara, dikenal pula dengan istilah Candi Roro Jonggrang atau Seribu Candi. Pada tahun 1991 Candi Prambanan ditetapkan cagar budaya yang wajib dilindungi. Memiliki ketinggian 47 meter, lebih tinggi 5 meter dibandingkan dengan Candi Borobudur. Legenda Candi Prambanan juga memperkuat daya magisnya, di mana saat seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso harus membangun seribu candi dalam semalam untuk mendapatkan Roro Jonggrang. Namun dengan akal liciknya Roro Jonggrang menggagalkan usaha Bandung Bondowoso membangun seribu candi, karena geram Bandung Bondowoso Mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp.40.000,- dan 25 USD atau Rp.325.000,- untuk wisatawan mancanegara.

  1. Pantai Parangtritis

Berada lumayan jauh dari kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis juga merupakan tempat menarik Daerah Istimewa Yogyakarta. Sama halnya seperti candi Prambanan, Pantai Parangtritis juga mempunyai kisah magis. Dipercaya Pantai Parangtritis mempunyai penunggu yakni Ratu Roro Kidul atau dikenal denga Nyi Roro Kidul. Kepercayaan warga di sana, pengunjung tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau atau akan celaka. Tidak dikenakan harga tiket masuk, tapi dikenakan biaya Rp.5.000,- bila ingin berfoto di beberapa titik spot foto yang disediakan. Ada juga delman untuk berkeliling sepanjang pinggiran pantai atau bisa juga menyewa ATV.

  1. Jalan Malioboro

Sekitar 1 km mulai dari titik 0 Yogya hingga ujung jalan Malioboro. Meski berjarak lumayan jauh, pada kenyataannya banyak pejalan kaki di sepanjang jalan Malioboro. Sepanjang trotoar banyak pedagang kaki lima, baik menawarkan barang ataupun makanan. Juga terdapat spot foto menarik, membuat berjalan kaki sejauh 1 km jadi tidak terasa berat. Dari dulu hingga saat ini spot foto faforit adalah plang yang bertuliskan Jl.Malioboro.

  1. Keraton Yogyakarta

Dapat dijangkau dengan bus trans Yogya, cukup dengan Rp.3.500,- anda dapat dengan santai dan nyaman berada dalam bus menuju Keraton Yogyakarta. Keratin Yogya juga merupakan tempat menarik Daerah Istimewa Yogyakarta. Apalagi untuk wisatawan mancanegara yang ingin melihat kekentalan adat Jawa.  Terdapat patung-patung raja yang mengenakan pakaian adat Yogya serta para wanita kerajaan yang mengenakan kebaya. Dalam area keraton juga dipamerkan dokumentasi keraton tempo dulu, serta foto sultan. Bila anda membawa kamera selain kamera HP, anda akan dikenakan biaya khusus selain harga tiket masuk.

  1. Taman Sari

Bangunan lama selain Keraton Yogyakarta adalah Taman Sari, konon menjadi tempat mandi sang Ratu. Di dalamnya terdapat sumur sedalam 7m lebih yang kini sudah ditutup demi keamanan dan menjadi spot foto menarik bagi para wisatawan. Berupa batuan putih yang disusun sedemikian unik, arsitektur bangunan ini menjadikan Tama Sari sebagai tempat menarik Daerah Istimewa Yogyakarta. Meski banyak ruang bawah tanah namun tidak terasa pengap saat berada di dalamnya, justru terasa sejuk.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*