Tempat wisata di Jogja pantai – Daerah Istimewa Yogyakarta bukan hanya memiliki wisata budaya dan kulinernya saja yang menarik, tetapi tempat wisata di Jogja pantai tidak kalah menarik. Terutama pantai-pantai yang berada di sekitar Gunung Kidul, mulai pantai yang sedang populer sampai pantai yang masih sepi dari pengunjung.

Apakah anda memiliki rencana berkunjung ke Yogyakarat? Anda bisa menjadikan beberapa daftar tempat wisata di Jogja pantai sebagai bahan referensi, sehingga saat berwisata ke DIY menjadi semakin menyenangkan.

tempat wisata di Jogja pantai

1. Tempat Wisata di Jogja Pantai Parangtritis

Tempat wisata di Jogja pantai Parangtritis sangat terkenal untuk masyarakat Indonesia. Selain cerita mitos yang berada di masyarakat, pantai Parangtritis juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tidak heran wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, selain itu untuk menikmati keindahan alamnya anda cukup mengeluarkan dana sebesar Rp 3.500/orang.

Ketika berada di pantai Parangtritis anda bisa menikmatinya dengan berjalan di bibir pantai atau bermain, di sini juga terdapat penyewaan ATV sebesar Rp 100.000. Spot wisata ini sangat baik bagi anda yang ingin melihat sunset atau matahari terbenam.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti dikabarkan sebagai balinya Yogyakarta, pasalnya tempat wisata di Jogja pantai ini memiliki pasir putih yang berpadu air laut kehijauan. Namun anda hanya bisa menikmatinya di bibir pantai saja, sebab ombak di sini sangat besar sama seperti di laut selatan.

Walaupun begitu pantai Indrayanti memiliki sebuah bukit di pinggir pantai, sehingga anda bisa menikmati indahnya Indrayanti dari atas bukit. Di samping itu anda juga bisa menikmati indahnya pantai sambil minum es kelapa muda di warung sekitar bibir pantai.

3. Pantai Baron

Pantai Baron tidak kalah ramai dengan pantai Indrayanti, tempat wisata di Jogja pantai ini juga selalu ramai didatangi wisatawan, meski sebenarnya pantai Baron merupakan sebuah teluk yang di apit 2 tebing. Oleh karena itu pengunjung bisa berenang di pantai ini, dengan catatan tidak melewati batas yang ditentukan.

Ketika anda berada di sini kita bisa melihat pasar pelelangan ikan. Saat anda memesan makanan berbahan dasar seafood yang ditawarkan warung-warung di sekitar pantai Baron, tentunya semua bahan masih segar.

4. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran sangat berbeda dengan Pantai Kidul umumnya, di sini anda akan mendapat nuansa religi yang sangat kuat dan pesona kebudayaan. Mengingat terdapat candi yang biasa digunakan untuk sembahyang. Selain itu, nuansa hidup beragama akan semakin terasa dengan pura untuk Hindu, Joglo untuk kejawen dan musalah untuk umat Islam.

5. Pantai Pok Tunggal

Akses untuk mencapai pantai Pok Tunggal terbilang cukup sulit dengan jalan yang curam. Hal ini sebanding dengan apa yang akan anda lihat di Pok Tunggal setelah membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000/orang.

Ketika berada di tempat wisata di Jogja pantai Pok Tunggal, anda akan menemukan sebuah pohon duras besar yang tumbuh di tengah bibir pantai. Namun kita sarankan anda tidak memanjat atau melakukan hal aneh di pohon ini, sebab menurut penduduk sekitar pohon ini di anggap sebagai pohon keramat.

6. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan panti putih bersih, serta gulungan ombak yang menyapu bibir pantai. Selain itu anda juga bisa snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut, tempat wisata di Jogja pantai ini menjadi spot snorkeling terbaik di Yogyakarta.

Jika beruntung, anda bisa melihat upacara sedekah laut yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Upacara ini dilakukan atas dasar rasa syukur masyarakat, dengan berlimpahnya hasil laut mereka. Jika datang di waktu yang tepat, maka anda mendapat bonus melihat pemandangan tradisi yang sudah sangat tua.

 

Itulah beberapa wisata pantai Jogja yang bisa menjadi bahan referensi wisata anda di akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman. Oleh karena itu, sayangi dan jaga alam Indonesia yang elok ini, ya.

 

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*