Wisata Jogja dekat Malioboro – Daerah Istimewa Yogyakart memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, meski banyak dari mereka yang sudah beberapa kali datang ke DIY. Salah satu icon yang identik dengan Jogja yaitu Malioboro, maka bisa dikatakan belum ke Jogja bila tidak ke Malioboro.

Malioboro menjadi kawasan yang selalu ramai dipenuhi wisatawan, sebagai pusat oleh-oleh Yogyakarta. Selain sebagai pusat oleh-oleh yang membuatnya ramai, banyak wisata Jogja dekat Malioboro. Mengingat letaknya yang strategis membuat anda mudah untuk mengaksesnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membuat daftar wisata Jogja dekat Malioboro cukup dengan berjalan kaki, naik dokar (delman) atau becak. Tentu beberapa daftar berikut bisa anda jadikan referensi untuk liburan anda berikutnya.

wisata Jogja dekat Malioboro

  1. Tugu Yogyakarta

Wisata Jogja dekat Malioboro pertama yaitu Tugu Yogyakarta atau Tugu Golong Giling atau Tugu Pal Putih. Tugu ini memiliki sejarah penting untuk masyarakat DIY, letaknya berada di tengah jalan Malioboro. Meski tugu berada di tengah jalan para wisatawan tidak peduli, mereka tetap berfoto di bawah tugu tersebut baik di siang atau malam hari.

Menurut warga di Jogja, tugu ini memiliki sejarah yang cukup panjang sampai akhirnya dijadikan sebagai ikon dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembuat tugu ini adalah Pangeran Raden Mas Sujadan sebagai Sultan Hamengkubuwono I di tahun 1755, sebagai lambang persatuan masyarakat Yogyakart melawan Belanda.

  1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan pusat pemerintahan dari DIY, tempat tinggal dari Sultan Jogja dan hampir seluruh orang di Indonesia tau keraton Yogyakarta. Wisata Jogja dekat Malioboro ini bisa di tempuh dengan berjalan kaki.

Wisatawan kerap datang ke keraton Yogyakarta untuk nonton tari adat yang ada di dalam keraton, namun ada juga dari mereka yang sekedar berkeliling dan berfoto. Mengingat bangunan keraton merupakan bangunan kuno yang memiliki nuansa klasik yang khas.

  1. Museum Kereta Wisata Jogja dekat Malioboro

Masih wisata Jogja dekat Maliobor lebih tepatnya di sekitar keraton Yogyakarta, terdapat Museum Kereta. Jika anda ingin masuk ke dalam museum, cukup mengeluarkan dana sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk museum kereta.

Museum kereta memiliki banyak kendaraan kuno zaman dahulu, kereta kuda yang pada masanya digunakan oleh raja di Yogyakarta. Tempat ini menyimpan banyak cerita tentang keraton Jogja sampai sekarang, bahkan di museum ini terdapat lukisan yang menggambarkan kota DIY di masa lalu.

  1. Kebun Binatang Gembira Loka

Apakah ingin tempat wisata hewan untuk si kecil? Anda bisa datang ke kebun Binatang Gembira Loka sebuah wisata Jogja dekat Malioboro. Tempat wisata ini memiliki luas lahan 20 hektar, dengan 100 satwa dan 61 jenis flora yang ada di dalam kebun binatang. Bahkan wisata ini juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak, sehingga sangat cocok bagi anda yang membawa keluarga.

  1. Masjid Gede Kauman

Masjid Gede Kauman kerap menjadi tempat istirahat wisatawan untuk beribadah. Menurut penduduk setempat masjid ini sudah berdiri selama 2 abad atau 200 tahun, sehingga banyak cerita di dalam bangunan masjid. Selain itu arsitektur masjid mirip dengan keraton bergaya kuno.

  1. Jalan Malioboro

Wisata Jogja dekat Malioboro tentunya jalan Malioboro, sebagai daerah yang terkenal tempatnya wisata kuliner kota Yogyakarta. Jalan Maliobor menyediakan café-café dengan suasana yang confet, sehingga sangat cocok untuk berkumpul bersama teman-teman. Selain itu daerah ini juga menjadi pusat oleh-oleh Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Itulah daftar wisata Jogja dekat Maliobor yang bisa anda jadikan destinasi wisata saat berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini bisa anda eksplor secara keseluruhan meski dengan waktu yang singkat.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*