Tempat wisata di kawasan Malioboro – Membicarakan daerah istimewa Yogyakarta pastilah yang paling menonjol adalah tempat-tempat wisatanya yang indah. Selain memberikan pemandangan yang indah, keramahan dari penduduk sekitar tentu akan membuat para wisatawan semakin terasa nyaman saat berlibur ke sana.

wisata di kawasan Malioboro

Tentang Wisata Di Kawasan Malioboro

Ketika berkunjung ke Yogyakarta dan sedang berada di kawasan Malioboro, tidak ada salahnya jika anda juga menambah ilmu dengan mencari tahu tentang asal mula Malioboro. Konon, Malioboro merupakan pusat dari kekuatan magis yang menghubungkan Gunung Merapi, Pantai Parangtritis dan juga Keraton Yogyakarta. Alasan itulah yang membuat para pengunjung selalu merasakan kekentalan budaya Jawa saat berwisata di kawasan Malioboro ini.

Malioboro memang telah menjadi salah satu ikon paling diingat oleh para wisatawan. Bukan tanpa alasan, karena Malioboro ini merupakan denyut nadi untuk para pengunjung yang menyukai wisata belanja. Di sana anda akan dimanjakan oleh banyak penjual yang menjajakan dagangan cendera mata khas Yogyakarta yang kental akan budaya Jawa.

Kegiatan jual beli ini juga dimulai sejak para keturunan Tionghoa menjadikan Malioboro sebagai tempat pusat bisnis mereka. Hingga kini, tempat ini semakin ramai oleh pengunjung dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

5 Tempat Wisata Di Kawasan Malioboro

Meski ada banyak tempat yang bisa anda kunjungi saat berwisata ke Yogyakarta, berikut ada 5 tempat paling direkomendasikan untuk anda kunjungi selama berada di sana.

  1. Titik Nol Kilometer

Mendengar namanya saja, pasti membuat siapapun penasaran dengan salah satu tempat wisata di kawasan Malioboro ini. Tempat ini adalah salah satu tempat yang membedakan Yogyakarta dengan daerah lain di Indonesia. Jika malam tiba, maka tempat ini akan semakin memanjakan mata anda dari pancaran lampu yang berasal dari gedung-gedung kuno peninggalan kolonial Belanda.

  1. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar tertua yang dimiliki kota Yogyakarta. Ratusan tahun silam, tempat ini hanyalah lahan kosong yang banyak tumbuhan beringin. Kemudian pada masa Sultan Hamengku Buwono IX, tempat ini diresmikan menjadi Pasar Beringharjo. Sesuai dengan namanya, pasar ini juga memberikan banyak kesejahteraan kepada penduduk Yogyaarta.

  1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kerato Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan ujung tombak dari kebudayaan jawa yang berada di Yogyakarta. Salah satu wisata di kawasan Malioboro ini adalah yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jika anda ingin ke sana, jam buka obyek wisata ini adalah dari pukul 8.30 sampai 14.00. Untuk tiket masuknya sendiri sangat murah, hanya Rp 5.000 per orang. Di sana anda bisa menyaksikan aktivitas para abdi dalem serta koleksi benda-benda kuno. Ada juga sumur kuno yang berada di dalam keraton.

  1. Mirota Batik

Bagi pecinta batik, wisata di kawasan Malioboro juga terdapat toko batik yang sudah berdiri sejak tahun 1980, Mirota Batik namanya. Kini tempat ini dipugar dan semakin besar dan luas. Di sana para pengunjung akan menemukan aneka kerajinan tangan, benda kuno, serta beragam corak batik tradisional. Selain kualitas yang bagus, harga batik di sana juga dikenal murah.

  1. Tugu Yogya

Tempat wisata di kawasan Malioboro yang satu ini adalah salah satu tempat favorit para wisatawan. Pada masa kolonial Belanda, tugu ini mengalami pemugaran dan tingginya berkurang sebanyak 15 meter. Tugu Yogya ini diyakini sebagai penghubung Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Laut selatan dan Gunung Merapi. Namun di sisi lain, tugu ini adalah juga sebagai lambang perlawanan terhadap penjajahan.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*