Wisata Jogja Air Terjun – Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan surganya wisatawan, mulai dari wisata budaya, kuliner dan pantai. Wisata Jogja air terjun juga menjadi favorit para wisatawan lokal dan mancanegara. Kota Yogyakarta sendiri memiliki 5 julukan yaitu Kota Pelajar, Kota Museum, Kota Budaya, Kota Seniman dan Kota Gudeg.

Wisata yang paling terkenal di DIY seperti Pantai Parang Tritis, Candi Prambanan dan Jalan Malioboro. Tempat-tempat ini memang sudah tidak asing di telinga para traveler, namun yang perlu diketahui masih banyak spot wisata yang sangat menarik.

Salah satu kota tertua di pulau Jawa ini memiliki tempat wisata yang berlimpah dan sangat indah, termasuk wisata Jogja air terjun. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi daftar wisata Jogja air terjun yang wajib anda kunjungi saat berada di kota gudeg ini.

Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata Jogja air terjun Grojogan Sewu memiliki nama yang sama dengan yang ada di Surakarta. Tetapi Grojogan Sewu yang kita bahas sekarang berada di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kab Kulonprogo – Yogyakarta. Masa tempuh dari Kota Jogja kurang lebih 1 – 2 jam perjalanan.

Nama grojogan sendiri di ambil dari banyaknya jeram yang di lalui, sampai pada akhirnya masuk ke sungai. Udaranya masih sangat sejuk dengan pepohonan di sekitar air terjun, membuat anda merasa betah saat berada di wisata Jogja air terjun ini.

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk memiliki keunikan tersendiri, dimana air terjun biasanya jatuh di satu titik sementara Sri Gethuk seperti lelehan lahar yang jatuh. Wisata Jogja air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Kab Gunung Kidul.

Di tambah air yang jatuh tidak langsung masuk ke sungai, melainkan jatuh di bebatuan karst di sekitar air terjun Sri Gethuk. Bahkan salah satu filem Hollywood yang berjudul Beyond Skyline oleh Sci-fi di tahun 2017, menjadikan air terjun Sri Gethuk sebagai salah satu lokasi syuting mereka. Saat itu 2 aktor Indonesia juga ikut andil yaitu Yayan Ruhian dan Iko Uwais.

Biaya yang harus di keluarkan untuk wisata Jogja air terjun ini sebesar Rp 7.000/orang, sementara untuk menyewa rakit dan pelampung anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Tetapi ada juga paket wisata lengkap sebesar Rp 30.000 – Rp 50.000 termasuk penunjuk jalan. Air terjun Sri Gethuk mendapat julukan Green Canyon dari Yogyakarta.

Air Terjun Kembang Soka

Aliran air terjun Kembang Soka bertingkat dengan air berwarna hijau toska dan putih, sungai yang jernih serta bebatuan berwarna kuning keemasan di dasar sungai. Selain itu batu-batu berwarna kemerahan di tebing sebelah kiri dari air terjun Kembang Soka. Hal-hal ini membuat wisata Jogja air terjun sangat cocok untuk pencinta fotografi.

Wisata air terjun Kembang Soka berada di 2 dusun yaitu Dusun Kembang Soka dan Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo – Yogyakarta. Tempat ini menjadi spot wisata sejak tahun 2014 silam, sehingga fasilitas yang disediakan cukup lengkap.

Nama air terjun Kembang Soka sendiri di ambil dari nama pohon besar Kembang Soka yang sebelumnya ada di sekitar air terjun, namun pohon tersebut kini sudah mati. Selain itu air terjun Kembang Soka memiliki 2 mata air yang bisa anda minum yaitu mata air Kembang Soka dan mata air Jaran.

Itulah daftar wisata Jogja air terjun wajib anda kunjungi saat berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain panorama yang indah, biaya yang dikeluarkan terbilang sangat murah terlebih bersama keluarga tercinta.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*