Wisata Jogja Bantul – saat berbicara wisata di provinsi Yogyakarta memang tidak ada habisnya, kota pelajar ini kaya akan wisata alam, budaya, sejarah dan kulinernya. Hal ini membuat Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi destinasi wisata utama bagi para traveler.

Sektor pariwisata menjadi sektor yang paling diunggulkan di daerah Yogyakarta, Salah satunya di wisata Jogja Bantul yang paling direkomendasikan. Oleh karena itu, kita membuat daftar wisata Jogja Bantul yang bisa anda jadikan referensi saat berwisata ke DIY.

Pantai Parangtritis

Spot wisata Jogja Bantul yang paling unggul dari sektor pantainya, salah satu yang paling terkenal yaitu Pantai Parangtirits. Terlebih daerah barat Kab Bantul langsung berbatasan dengan samudra Hindia, maka tidak heran terdapat banyak pantai-pantai yang indah.

Ketika di sini anda harus berhati-hati karena ombaknya yang sangat besar, bahkan kerap memakan korban. Jika beruntung saat berwisata ke Pantai Parangtritis kita bisa melihat upacara kebudayaan adat Jawa yang dilakukan oleh anggota Keraton Yogyakarta.

Wisata Jogja Bantul ini berada di Desa Parangtritis, Kec Kretek, Kab Bantul – Yogyakarta. Pantai Parangtritis memiliki pantai pasir putih yang indah dan bersih, serta gundukan pasir di beberapa tempat sekitar pantai. Ketika saat malam 1 suro, kita bisa melihat upacara khusus untuk menyambut tahun baru umat islam yang dilakukan Keraton Yogyakarta.

 

Pantai Parangkusumo

Wisata selanjutnya masih berdekatan dengan Pantai Parangtritis yaitu wisata Pantai Parangkusumo yang tidak kalah indahnya. Selain memiliki panorama yang indah, Parangkusumo juga memiliki cerita mistis yang membuatnya menjadi banyak diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Pada wisata Jogja Bantul ini terdapat bangunan yang di beri nama Cepuri. Di dalam bangunan terdapat 2 buah batu bernama Batu Cinta, menurut warga sekitar batu ini menjadi tempat pertemuan Panembahan Senopati antara Raja Mataram dan Ratu Kidul penguasa pantai selatan.

Pertemuan yang bertujuan untuk membuat Kerajaan Mataram menjadi disegani di tanah Jawa. Oleh karena itu banyak orang yang datang ke wisata Jogja Bantul ini untuk bermeditasi, sebagai ritual khusus untuk mencapai tujuan tertentu.

Pemandian Air Panas Parang Wedang

Tempat pemandian air panas yang umumnya dekat dengan pegunungan berapi, namun berbeda saat berwisata ke pemandian air panas Parang Wedang yang berada di dekat pantai. Hal ini yang membuat Parang Wedang menjadi unik dan menarik untuk di kunjungi.

Pamandian air panas Parang Wedang lokasinya sangat dekat dengan Pantai Parangtritis, fasilitas pemandian sudah cukup banyak seperti kolam berukuran 9 x 8 m, serta beberapa kamar mandi air hangat yang ingin mendapat privasi.

 

Kids Fun

Bukan hanya wisata alamnya saja, namun wisata Jogja Bantul juga memiliki tempat bermain untuk anak-anak yaitu Kids Fun yang berada di Jalan Wonosari Km 10 Sitimulyo, Piyungan, Bantul – Yogyakarta. Tempat ini memiliki beberapa permainan seperti Swinger,Kolam Renang, Gokar, Bumper Car dan Flying Fox.

 

Balong Waterpark

Wisata Jogja Bantul selanjutnya berada di Jalan Pleret Km 1,5, Balong Potorono, Bantul – Yogyakarta. Tempat bermain air untuk anak-anak di Jogja ini sangat terkenal, dengan beberapa permainan air yang disediakan.

Salah satu permainan yang menjadi favorit yaitu perosotan dengan panjang 9 meter dan 12 meter.  Bukan hanya itu saja, masih ada seluncuran family slide yang berukuran cukup luas untuk menampung beberapa orang saat seluncuran.

 

Itulah beberapa daftar wisata Jogja Bantul paling direkomendasikan. Selain spot wisata di atas Kabupaten Bantul memiliki wisata lain yang sangat menarik, selamat berwisata menikmati akhir pekan.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*