Wisata Jogja dekat Prambanan – Jika Jawa Tengah memiliki Candi Borobudur sebagai ikon destinasi wisata favorit maka Jogjakarta punya Candi Prambanan. Candi yang berdiri kokoh sejak abad ke 9 ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain legenda Roro Jonggrang yang terkenal, arsitektur bangunan juga memiliki ciri khas peninggalan Hindu. Nah, jika anda berkunjung ke Prambanan, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menjelajah daerah sekitar Candi Prambanan. Ada banyak wisata Jogja dekat Prambanan yang mungkin belum anda ketahui.

Obyek Wisata Jogja Dekat Prambanan Yang Mungkin Belum Diketahui

Berikut ini, ada beberapa obyek wisata Jogja dekat Prambanan yang wajib anda kunjungi jika datang ke kawasan Prambanan.

  1. Candi Ratu Boko

Kawasan candi ini mulai terkenal sejak digunakan sebagai latar film AADC 2 yang booming. Tak heran jika Candi Ratu Boko wajib anda kunjungi jika datang ke Prambanan sebab lokasinya tak jauh sekitar 2 kilometer. Bagi anda yang menyukai sunset, cocok berfoto selfie dengan latar belakang matahari terbenam.

  1. Candi Ijo, Candi Sewu, Candi Plaosan, Candi Kalasan

Sebenarnya ada banyak situs peninggalan Hindu di daerah dekat Prambanan seperti Candi Sewu yang terletak kurang dari 1 kilometer saja. Mungkin bagi anda yang menyukai wisata sejarah bisa mencoba mengunjungi candi selain Candi Prambanan tersebut.

  1. Tebing Breksi

Terletak di Groyokan, Blengkong, Sambirejo, Tebing Breksi adalah destinasi wisata Jogja dekat Prambanan yang mulai dikembangkan pemerintah dan warga setempat. Tebing Breksi adalah bongkahan tebing dengan beberapa sisi yang sengaja dipahat yang dulunya bekas tambang batu kapur. Anda bisa menikmati pemandangan wisata geologis alam secara saksama termasuk mengabadikan keindahan tersebut dengan foto selfie. Anda pun bisa mengelilingi Tebing Breksi dengan menyewa jasa jeep.

  1. Jogja Bay Waterpark

Bosan dengan suasana wisata yang begitu saja dan ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang? Anda bisa menikmati paket lengkap wisata jika datang ke Jogjakarta khususnya kawasan Prambanan. Jogja Bay Waterpark menyediakan wahana bermain yang keren termasuk anda yang ingin bermain air bersama anak tercinta. Letak tempat ini kurang lebih 8 kilometer dari Candi Prambanan. Anda bisa mengajak anggota keluarga menghabiskan akhir pekan menyenangkan di tempat ini.

  1. Rumah Domes

Mungkin anda kurang mendengar gaung Rumah Domes sebagai destinasi wisata Jogja dekat Prambanan yang mulai dikenal banyak kalangan. Sebenarnya Rumah Domes adalah bantuan untuk para korban gempa Jogja yang kehilangan rumah beberapa tahun silam. Kini, puluhan rumah berbentuk dome tersebut telah diubah warna-warni yang bakal mengingatkan anda pada serial Teletubbies yang populer.

Wisata Jogja Dekat Prambanan Menyediakan Ragam Kuliner Pilihan

Tak hanya sebatas menjanjikan destinasi wisata lain yang bisa menjadi pilihan, wisata Jogja dekat Prambanan pun memiliki ragam kuliner khas. Bagi anda pecinta makanan khas daerah, wajib mencicipi emping bonggol pisang, pie pisang dan sayur lompong. Tampaknya baik pemerintah Jogja tengah bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jogjakarta khususnya area Prambanan.

Anda pun mudah menemukan berbagai restoran yang menyajikan kuliner penggugah selera seperti Lemak Ledok Resto. Restoran ini menyajikan sajian nikmat yang bisa dinikmati di taman cantik dengan lorong tanaman yang merambat. Tak heran jika tempat makan satu ini bakal mengingatkan anda pada serial drama Asia populer Secret Garden. Nah, apakah anda tertarik berkunjung ke destinasi wisata Jogja dekat Prambanan sekaligus mencicipi ragam wisata kuliner unik? Yuk, agendakan liburan anda bersama keluarga tercinta ke Jogjakarta.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*