Wisata Jogja Gunung Kidul – Dahulu siapa yang menyangka, daerah Gunung Kidul Yogjakarta yang identik sebagai daerah miskin, dengan bukit kapur tandusnya, ternyata menyimpan banyak spot wisata luar biasa. Gunung Kidul berhasil menarik perhatian banyak wisatawan.

Gunung Kidul adalah salah satu wilayah kabupaten di Yogyakarta. Gunung Kidul kini semakin terkenal karena memiliki wisata pantai mempesona. Meskipun Gunung Kidul di dominasi perbukitan serta gunung kapur yang gersang saat musim kemarau, namun wisata alam, wisata budaya dan wisata kuliner tersaji cukup banyak bagi para wisatawan. Berikut ini 4 ulasan tempat wisata dari sekian banyak tempat wisata Jogja Gunung Kidul.

  1. Sri Gethuk – Playen

Tempat wisata Jogja Gunung Kidul Sri Gethuk merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang berada di Kecamatan Playen, Desa Bleberan, Dusun Menggoran. Sesampai di tempat wisata Sri Gethuk, pemandang indah dengan hijaunya pepohonan akan menyambut para pengunjung. Air terjun yang satu ini cukup populer di kalangan wisatawan dikarenakan memiliki kemiripan dengan objek wisata Grand Canyon di Amerika.

Aliran air di Sri Gethuk tidak kenal musim, meskipun kemarau panjang airnya tetap mengalir. Bebatuan yang berada di bawah Sri Gethuk tertata dengan rapi secara alami dan menyerupai undakan-undakan. Tiket masuk sekitar Rp10 ribu. Pengunjung bisa menggunakan kapal kecil menyusuri sungai untuk melihat keindahan sekitar tempat wisata.

  1. Goa Pindul – Karangmojo

Tempat wisata Jogja Gunung Kidul ini cukup unik karena salah satu wisata goa yang memiliki aliran sungai di dalamnya, dengan panjang sekitar 300 meter. Para wisatawan yang mempunyai jiwa petualang akan menemukan sensasi petualangan menarik di Goa Pindul.

Berlokasi di Bejiharjo – Kecamatan Karangmojo, Wirawisata – Gelaran 2 Gunung Kidul. Menyusuri sungai di dalam Goa Pindul, menggunakan pelampung ban selama sekitar 15 – 20 menit, pastinya akan menjadi salah satu pengalaman menyenangkan. Aliran air sungai di Goa Pindul cukup dingin namun arusnya tenang.

Untuk dapat menikmati pengalaman menarik tersebut, para wisatawan hanya perlu membayar tiket sekitar Rp 45.000 yang sudah termasuk fasilitas ban, jaket pelampung, tour guide, sepatu anti air dan asuransi. Pastikan menyusuri sungai di dalam Goa Pindul secara beramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman agar lebih seru.

  1. Pantai Indrayanti – Tepus

Tempat wisata Jogja Gunung Kidul ini berlokasi di Kecamatan Tepus, Sidoharjo – Ngasem. Fasilitas di pantai Indrayanti cukup lengkap dan dikelola cukup baik oleh pengusaha swasta. Saat tiba malam hari, sinar dari gazebo-gazebi yang berjajar akan membawa nuansa romantis. Anak-anak bisa bermain pasir di pinggir pantai. Berhati-hati bila akan berenang di pantai Indrayanti karena ombak tinggi, terlebih lagi saat menjelang sore hingga malam.

Apabila hendak berenang, sebaiknya sebelum jam 12 siang dan cukup di pinggiran pantai saja. Jika ingin bersantap mengisi perut, kuliner Indonesia tersedia di tempat makan sekitar pantai Indrayanti.

  1. Pantai Jogan & Air Terjunnya – Tepus

Keunikan Pantai Jogan ialah adanya air terjun di balik bukit. Aliran air terjun langsung jatuh di bibir laut. Keunikan seperti di Pantai Jogan mungkin sulit untuk ditemukan di daerah lain di Indonesia. Air terjun di Pantai Jogan memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Di tempat wisata Jogja Gunung Kidul ini, wisatawan akan mendapatkan dua obyek wisata sekaligus, yaitu pantai yang indah dan air terjun yang unik. Pantai Jogan berlokasi di arah barat obyek wisata Pantai Siung, berjarak sekitar 70 kilometer dari Jogja. Tepatnya berada di Kecamatan Tepus, Desa Purwodadi.

Selain 4 tempat wisata Jogja Gunung Kidul tersebut, masih banyak tempat wisata indah dan memukau lainnya. Ambil cuti lebih lama tahun ini, lalu eksplor semua tempat wisata di Gunung Kidul bersama teman-teman.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*