Air Terjun Coban Talun, Destinasi Wisata Air di Batu Malang

Air Terjun Coban – Akan berwisata kemana menjelang tahun baru ini? Di negeri kita ini menawarkan banyak sekali tempat wisata dengan pemandangan indah dan alami. Berwisata dengan tujuan kembali ke alam yang indah dan alami, akan sangat tepat bagi masyarakat perkotaan yang kesehariannya sibuk, dan setiap harinya disuguhui hiruk pikuk suasana perkotaan besar yang jauh dari ungkapan “Indah sekaligus alami”. Rencanakanlah liburan menjelang tahun baru ke Batu – Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Coban

 Air Terjun Coban Talun Destinasi Wisata Air di Batu – Malang

Coban Talun memiliki ketinggian jatuhan air diperkirakan kurang lebih 75 meter. Ditambah lagi di sekitar Coban Talun, para pengunjungnya akan disajikan pemandangan menawan. Air terjun di Tulungrejo ini dikelilingi bukit-bukit hijau dan pegunungan. Air terjun berarus cukup besar ini merupakan hulu dari sungai Brantas.  Perhutani memegang pengelolaan Coban Talun dan bekerjasama dengan swasta dalam hal penyediaan wahana menghibur wisatawan.

Di tempat wisata air terjun ini, para pengunjung tak hanya dapat melihat pemandangan indah sekitar saja, tetapi alunan suara deburan jatuhnya air terjun akan menjadi nyanyian alam tersendiri. Ditambah lagi para pengunjung juga akan disambut oleh pelangi di sekitar air terjun. Di bagian dasar terdapat kolam dangkal yang dapat digunakan para pengunjung yang ingin berenang atau sekedar bermain air.

Para pengunjung juga bisa menambah koleksi selfie atau wefie saat berada di Air Terjun Coban Talun karena terdapat spot-spot foto yang telah menjadi favorit para pengunjung, beberapa diantaranya yakni berdiri di atas bunga matahari besar, duduk di atas bunga teratai besar, beraksi di depan bendungan Coban Talun dan lainnya. Tak jauh dari Coban Talun, para pengunjung dapat melanjutkan mengunjungi Apache Camp.

Di Coban Talun Batu – Malang, para pengunjung juga harus tahu bahwa terdapat jalanan setapak dan harus menyeberang sungai dangkal. Setelah menyeberangi sungai, para pengunjung akan kembali menemui jalan setapak serta melewati hutan dan semak-semak. Tidak usah khawatir  dengan semak-semak karena cukup aman dan tak akan bertemu hewan buas. Apabila berkunjung ke Air Terjun Coban Talun saat musim hujan, sebaiknya berhati-hati, sebab jalanan menuju Coban Talun lebih licin.

Lokasi Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun merupakan salah satu destinasi wisata air di Kota Batu – Malang. Tepatnya Coban Talun berada di Kecamatan Bumiaji, Desa Tulungrejo, Dusun Junggo, Jawa Timur. Wisatawan yang menginap di hotel atau villa di pusat Kota Malang, cukup mudah bila ingin berkunjung ke Coban Talun, sebab akses untuk ke Coban Talun cukup mudah dijangkau. Posisi Cuban Talun hanya sekitar 3 kilometer dari Selecta.

Dari pusat Kota Malang, wisatawan hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 15 kilometer untuk sampai di Coban Talun menggunakan moda transportasi umum darat seperti bus yang berangkat di terminal Landungsari. Sedangkan alternatif transportasi umum lainnya ialah angkot jurusan ke sumber Brantas. Namun tentunya apabila berwisata bersama teman-teman atau keluarga, menyewa kendaraan seperti mobil atau motor akan lebih menyenangkan. Cukup bermodalkan Map dari gadget, semua akan lebih mudah.

Jalanan dari Batu menuju Coban Talun amat nyaman. Bahkan selama perjalanan, para pengunjung akan melihat pemandangan pegunungan yang indah gunung Arjuno. Sepanjang perjalanan terdapat banyak obyek pariwisata yang berbasis buah apel maupun bunga atau tanaman hias. Penyedia penginapan serta kuliner pun sangat mudah ditemukan. Mengenai tiket masuk, para pengunjung Air Terjun Coban Talun hanya perlu membayar tiket dengan harga yang kurang dari Rp 10.000 per orang. Tempat wisata ini dibuka setiap hari hingga jam 5 sore.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *