Pesona Indah Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang sebenarnya bukan tempat wisata. Brown Canyon merupakan sebuah tempat pertambangan tanah yang sudah berusia kurang lebih 10 tahun. Di sini digunakan sebagai tempat mencari rejeki bagi beberapa warga dengan menggali tanah, pasir ataupun batu padas. Penggalian ini dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun sehingga tidak sengaja bukit ini berubah wujud layaknya Green Canyon di Amerika Serikat.

Brown Canyon Semarang

Tebing-tebing brown canyon memiliki eksotisme yang memikat para traveller untuk mengunjungi. Pesona indah wisata Brown Canyon Semarang ini menjadi objek wisata yang terbaik bagi pecinta fotografi. Tebing yang menjulang tinggi dan dipadukan dengan pohon-pohon yang masih tumbuh di puncaknya membuat tempat ini sangat di sayangkan jika harus terlewati.

Brown Canyon Semarang ini memang sebenarnya bukan tempat wisata. Untuk para wisatawan yang ingin mengunjunginya, kalian harus mencari petunjuk jalan sendiri. Ketika kalian mencari brown canyon, kalian bisa bertanya ke warga untuk menunjukkan arahnya. Tetapi warga di sekitar sana banyak yang belum tahu tentang Brown Canyon. Kebanyakan warga hanya tahu kalau tempat tersebut hanyalah tempat pertambangan material pasir, batu padas dan tanah urug.

Brown Canyon Semarang berlokasi di daerah Rowosari Meteseh kecamatan Tembalang, kota Semarang Jawa Tengah. Lokasi ini terletak jauh dari pusat kota Semarang. Jalan untuk menuju brown canyon ini cukup menantang. Sepanjang perjalanan menuju brown canyon kalian pasti bersimpangan dengan truk-truk besar pengangkut barang material. Selain itu juga kalian pasti bertemu dengan debu-debu yang bertebaran. Jadi ketika kalian akan pergi ke tempat ini, kalian harus membawa masker atau buff.

Banyak wisatawan yang belum tahu dimana rute yang harus dilalui saat akan menuju Brown Canyon Semarang. Berikut rute yang bisa kalian lalui:

Rute dari arah Solo, Yogya dan Semarang Atas

Jika kalian berasal dari kota tersebut, tempat yang kalian tuju yaitu kampus Undip Tembalang. Dari kampus Undip carilah jalan Banjarsari dan arahkan menuju sigar bencah. Dari situ teruskan menuju perempatan pasar Meteseh kemudian ambil jalan lurus.

Kemudian masuklah ke jalan Rowosari Raya, ikuti arah yang juga akan melewati jalan Al-Barokah,  jalan Al-Imran II, sampai kalian menemukan sebuah masjid besar bernama masjid Jami’ Al-Aqsa di sebelah kiri. Tepat di depannya, kalian harus belok ke kanan menuju jalan krajan raya. Kemudian kalian bisa lewat jalan krajan legok I, karena jalan tersebut sudah rapi. Jadi itu memudahkan Anda saat melewatinya.

 

Rute dari Arah Semarang Timur

Jika kalian ingin ke brown canyon dari kalian bisa melewati arah jalan Fatmawati  menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng) jika kalian dari Semarang Timur seperti Jalan Dr.Cipto, Masjid Agung Jawa Tengah. Kemudian arahkan menuju Klipang Golf. Sesampai di Klipang Golf, lanjutkan perjalanan hingga melewati jembatan besi yang pertama sampai jembatan ketiga.

Dari sana kalian akan menemukan pertigaan, kemudian belok ke kanan atau arah selatan. Yang terakhir, kalian tinggal mengikuti jalan lurus kurang lebih sepanjang 2 km. Disitu kalian sudah bisa menikmati pesona keindahan Brown Canyon Semarang.

Untuk Anda yang akan berkunjung ke Brown Canyon Semarang, sebaiknya Anda jangan menggunakan kendaraan yang fleksibel. Jangan menggunakan kendaraan ceper dengan variasi apalagi menggunakan mobil mewah. Selain itu juga tempat ini memang masih aktif digunakan untuk bertambang, sehingga lebih baiknya kalian datang di luar jam kerja. Kalian bisa datang di sore hari, dan pada sore hari cuacanya mungkin sedikit lebih sejuk dari pada siang hari.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *