Sensasi Tempo Dulu Ala Museum Kereta ( Ambarawa )

Museum Kereta ( Ambarawa ) – Destinasi wisata alam seperti pantai, air terjun, danau, gunung atau tempat menarik lain mungkin sedikit membuat Anda bosan. Adakah destinasi wisata yang memberikan sensasi tersendiri selain bisa mengenal tentang sejarah Indonesia?

Jika Anda berkunjung ke Semarang, coba deh datang ke wisata Museum Kereta ( Ambarawa ) yang terkenal. Dijamin rasa penat Anda selama menjalani rutinitas bakal hilang saat merasakan tur wisata kereta api uap atau diesel kuno sejak jaman kolonial. Wah, menyenangkan, bukan?

Museum Kereta ( Ambarawa )

Keunikan Tour Wisata Lokomotif Reguler di Museum Kereta ( Ambarawa )

Jika Anda ingin menghabiskan libur akhir pekan atau tanggal merah yang berbeda, coba deh mencoba keunikan tur wisata lokomotif diesel di sini. Paket reguler tersedia pada hari Sabtu dengan membeli tiket perjalanan di Museum Kereta ( Ambarawa ). Anda wajib mengeluarkan uang sebesar  50 ribu rupiah untuk menikmati suasana naik kereta tempo dulu. Anda akan diajak menikmati perjalanan dari jalur Ambawarawa hingga stasiun Tuntang.

Jam perjalanan pun bisa disesuaikan misalnya jam 10.00, 12.00 dan 14.00 dengan lama perjalanan naik kereta selama satu jam. Namun, sebaiknya Anda melakulan reservasi lebih awal sebab ada pembatasan kuota per perjalanan. Mau berfoto selfie di stasiun Tuntang pun diperbolehkan termasuk jika Anda ingin mengeksplor stasiun tua tersebut.

 

Wisata Sewa Lokomotif Uap dan Diesel di Museum Kereta ( Ambarawa )

Museum Kereta ( Ambarawa ) juga menawarkan paket wisata yang cocok diambil oleh Anda bersama rombongan keluarga. Anda bisa bebas memilih menggunakan kereta uap atau diesel dengan dua rute yang ada. Rute pertama stasiun Ambarawa-Bedono yang bakal menyajikan pemandangan perbukitan selama perjalanan atau memilih rute Ambarawa-Tuntang seperti wisata reguler.

Jika Anda memilih rute Ambarawa-Tuntang bisa menggunakan lokomotif uap atau diesel yang bisa disewa menyesuaikan jumlah penumpang yang ada. Satu gerbong bisa memuat hingga 40 orang dengan nominal sewa 10 juta.

Jika menyewa dua gerbong, Anda wajib mengeluarkan 12,5 juta sedangkan 15 juta untuk  reservasi 3 gerbong sekaligus. Tentu wisata di Museum Kereta ( Ambarawa ) ini cocok untuk acara reuni atau acara wisata kantor.

Rute yang melewati perbukitan hanya bisa menggunakan lokomotif uap saja yakni stasiun Ambarawa-Bedono. Maksimal sewa lokomotif uap hanya dua gerbong saja selama perjalanan tiga jam menikmati rute yang ada.

Anda bakal menyaksikan keindahan alam seperti dalam film yang memakai tema historical itu. Anda bisa melakukan sesi pemotretan dari kamera pribadi saat kereta uap berhenti di Stasiun Jambu dan wilayah Boga Makmur untuk mengisi air dan mempersiapkan tekanan uap sebelum perjalanan kembali.

Kereta uap di Museum Kereta ( Ambarawa ) telah berusia ratusan tahun sehingga akan memberikan sensasi yang berbeda selain Anda belajar mengenai sejarah kereta api di Indonesia. Jika memang berniat datang dan menikmati wisata tur uap, Anda wajib melakukan reservasi satu minggu sebelumnya mengingat Anda bakal menyewa gerbong.

Perlu diperhatikan pula untuk membayar uang muka sebesar 10-20 persen dari total biaya yang perlu dikeluarkan pada saat pemesanan.

Buruan deh datang ke Museum Kereta ( Ambarawa ) untuk merasakan sensasi naik kereta tua yang memiliki suara mesin bergemuruh serta gerbong bergoyang. Pemandangan alam perbukitan hingga tiga gunung yang memagari Jawa Tengah seperti Gunung Kelir, Gunung Tegomulyo dan Gunung Merbabu bakal memikat mata Anda.

Anda yang memilih paket reguler pun tetap bisa menikmati pemandangan alam Rawa Pening yang memiliki Kampung Rawa unik. Nah, sudahkah Anda melakukan pemesanan ke Kantor KAI Semarang?

 

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *