Destinasi Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Wisata Semarang – Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang telah menjelma menjadi kota metropolitan. Meski begitu, ada banyak destinasi wisata Semarang yang wajib anda kunjungi baik wisata alam, sejarah dan kuliner. Salah satu wisata unggulan kota yang memiliki ikon kuliner lumpia ini adalah nilai historical Semarang sejak era kolonial. Nah, anda penasaran spot wisata sejarah apa saja yang wajib dikunjungi? Yuk, kita simak ulasan lengkap berikut ini.

Wisata Semarang

  1. Museum Kereta Ambarawa

Ingin merasakan sensasi naik kereta uap jaman kolonial yang telah berusia lebih dari seratus tahun? Coba kunjungi Museum Kereta Ambarawa untuk menikmati sensasi naik lokomotif uap dan diesel kuno. Anda bakal diajak merasakan pengalaman seru naik kereta tempo dulu yang bergemuruh, bergoyang hingga mengepulkan uap selama perjalanan menyusuri pegunungan. Jika ingin menyewa gerbong untuk acara tour reuni maka sebaiknya anda melakukan reservasi terlebih dahulu.

  1. Lawang Sewu

Bagi yang belum pernah mengunjungi destinasi wisata Semarang favorit ini akan merasakan sensasi horor. Sejarah kelam Lawang Sewu sebagai tempat pembantaian serta penjara ruang bawah tanah yang sadis pun mampu membuat bulu kuduk merinding. Namun, anda layak mengunjungi tempat wisata sejarah satu ini sebab Lawang Sewu memiliki desain arsitektur peninggalan Belanda yang masih terawat hingga kini. Bagi pecinta fotografi, keindahan bangunan Lawang Sewu wajib diabadikan lensa kamera anda. Anda yang ingin melakukan sesi pemotretan pun bakal terlihat lebih menarik dengan latar belakang bangunan khas Eropa satu ini.

  1. Kuil Sam Po Kong

Bagi pecinta sejarah, nama Laksamana Cheng Ho atau Zheng He tentu sudah tidak asing lagi. Nah, anda cukup membayar tiket terusan 28 ribu saja sudah bisa menjelajah masuk ke Gua Batu di Kuil Sam Po Kong. Di sana, anda bisa melihat banyak patung Cheng Ho serta melihat atraksi yang kerap disuguhkan saat perayaan imlek atau mengenang kelahiran Cheng Ho. Namun, ingat bahwa anda dilarang masuk ke tempat sembahyang jika tidak ada niat untuk melakukan ibadah di tempat wisata Semarang yang terkenal ini.

  1. Pagoda Semarang

Wisata Semarang yang tak kalah unik perpaduan budaya China adalah Pagoda Semarang. Pagoda ini masuk dalam kompleks Vihara Buddhagaya yang boleh dikunjungi masyarakat luas. Anda pun tidak ditarik biaya retribusi kecuali memberikannya atas dasar keihklasan. Di tempat ini, anda bisa menelusuri jejak Budha khususnya penghormatan kepada Dewi Kwan Im. Jika menginginkan menginap pun, para pengurus Vihara telah menyediakan cottage khusus yang bisa anda gunakan.

  1. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang adalah kawasan perdagangan yang sempat terkenal pada abad 19-20 yang lalu. Anda bisa mengabadikan keindahan wisata Semarang tempo lalu dari Taman Srigunting hingga Gereja Blenduk peninggalan kolonial Belanda yang begitu ikonik. Coba saja berkunjung ke Kota Lama Semarang saat diselenggarakan festival maka anda bisa melihat ragam bentuk eksistensi kota ini dari kuliner tempo dulu yang sudah sulit ditemukan, pameran seni dulu hingga sekarang hingga ragam bazar yang menarik. Berkunjung ke tempat yang dulunya adalah pemukiman elit kaum Belanda ini memang bakal membuat anda merasakan Little Netherland di Semarang.

 

Beberapa destinasi wisata Semarang tersebut wajib anda masukkan dalam agenda liburan bersama keluarga. Tak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati suasana liburan yang menyenangkan termasuk belajar banyak ilmu sejarah bersama buah hati tecinta. Yuk, pesan tiket menuju ke Semarang sekarang juga

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *