Tawangmangu  memiliki sejumlah tempat wisata yang sangat asyik untuk dikunjungi.  Tempatnya berada di Kabupaten Karanganyar. Berada di lereng Gunung Lawu yang menjadikan lokasi ini menjadi pemandangan alam yang sangat asri. Para wisatawan dapat menjadikan tempat ini sebagai pilihan weekend dengan keluarga.

Kawasan wisata Tawangmangu ini menjadi incaran banyak wisatawan lokal dan internasional. Meski hanya kecamatan kecil, namun kawasan ini memiliki tempat-tempat liburan weekend sangat seru yang akan menghibur anda dan keluarga atau bersama rekan-rekan kerja anda setiap kali berkunjung di area ini.

Objek wisata di area ini dapat anda tempuh selama satu jam dari kota Surakarta. Tempat yang sudah lama menjadi wisata sejak jaman kolonial Belanda ini menjadi lokasi wisata yang sangat beragam seperti misalnya tempat-tempat wisata yang sangat cocok untuk mengisi weekend anda bersama keluarga yang akan kamu ulas berikut ini.

Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu

Ketinggiannya mencapai 81 meter, di area wisata yang satu ini tersedia beragam sarana pendukung wisata mulai dari kolam renang hingga bermacam tempat menginap. Dari Tawangmangu ini bisa dimulai pendakian menuju puncak Gunung Lawu. Dari sini terdapat pula jalan tembus ke Telaga Sarangan, Magetan setelah melewati Cemorosewu.

Keindahan alam dan udara yang sangat sejuk tak kalah dari wisata lain di Indonesia. Kawasan ini berhasil memproduksi sayur-sayuran. Belanjalah sebanyak-banyaknya dan bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk harganya, anda bisa menawarnya dengan harga yang terjangkau, tapi jangan menawar dengan harga yang terlalu murah, ya.

Selain sayur mayur, keberadaan tempat wisata air terjun Grojokan Sewu menjadi wisatawan dari berbagai kota untuk berinvestasi membangun vila-vila, hotel dan penginapan di sini.

Untuk sampai di tempat lokasi, anda akan melewati 1.250 anak tangga. Untuk itu persiapkan fisik yang baik sebelum anda berencana ke sini. Namun, anda tak perlu khawatir, semua lelah akan terbayar sesampainya anda melihat pemandangan air terjunnya yang memukau di sini.

Sebaiknya anda juga berhati-hati saat menyusuri sepanjang jalan hingga sampai ke air terjun. Anda akan melihat monyet-monyet yang akan menyerbu makanan yang anda bawa. Untuk itu, sembunyikan makanan anda selama berjalan di tempat ini.

Air Terjun Jumog

Lokasi tepatnya berada di Karanganyar, tempat ini juga berdekatan dengan Tawangmangu. Lebih tepatnya berada di lereng gunung lawu, desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Tak sebanyak Air Terjun di Grojokan Sewu, anda hanya kan melewati sekitar 116 anak tangga saja untuk bisa sampai lokasi.

Air Terjun Jumog

Lokasi tempat ini berada di ketinggian yang sangat sejuk. Wisatawan dapat menghirup segarnya udara yang ada di sini. Air Terjun ini juga menjadi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya juga masih cukup dekat dengan air terjun lain yang ada di kawasan Tawangmangu.

Agrowisata Sondokoro

Satu lagi destinasi wisata di Karanganyar yang dapat kami rekomendasikan sebagai tempat indah untuk dikunjungi adalah Agrowisata Sondokoro. Lokasi berada di wilayah  pabrik Tebu Karanganyar. Salah satu Agrowisata di Indonesia ini sangat pas sekali sebagai pilihan liburan bersama keluarga, sebab berbagai fasilitas di sini cukup lengkap.

Fasilitas  pada lokasi Agrowisata Sondoro, ini sangat beragam, diantaranya waterboom, flying fox, kolam renang anak anak, dan kolam ikan yang bisa anda gunakan untuk terapi kaki. Nah, jika anda tak ingin lelah anda dapat menggunakan kereta sebagai tunggangan anda dan keluarga.

 

Dari keempat tempat wisata tersebut, manakah yang akan anda kunjungi untuk liburan weekend bersama keluarga? tentukan keseruan wisata di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Liburan akan semakin menyenangkan dengan wahana air terjun yang menyejukkan dan bisa berfoto selfy.

sigitmk

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
*