Mengenal Indahnya Wisata Solo yang Kental Budaya Tradisional

Wisata Solo – Kota Solo atau Surakarta adalah destinasi domestik yang kaya akan budaya tradisionalnya. Kota Solo atau Surakarta ini terletak di Pulau Jawa. Kota yang sangat bersejarah ini terkenal dengan keraton dan hasil batiknya yang khas. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Solo untuk mempromosikan Wisata Solo yang mereka pamerkan.

Nama Solo sendiri diambil dari sebuah desa yang bernama Desa Sala.Desa Sala merupakan pusat pemerintahan di kerajaan Mataram. Sala diambil dari tokoh masyarakat di desa ini yang bernama Kyai Sala. Namun ada teori lain yang menyebutkan bahwa nama Solo berasal dari nama sebuah pohon yang tumbuh di desa Sala, yaitu pohon sala.

Orang Belanda mengalami kesulitan saat mengeja nama desa Sala, sehingga mereka mengubah Desa Sala menjadi Desa Solo yang saat ini juga terkenal dengan Surakarta.

Kota Solo atau Kota Surakarta ini memiliki obyek wisata yang ditawarkan untuk para wisatawan yang sedang berkunjung ke Solo. Beberapa obyek wisata Solo yang menjadi kebanggaan masyarakat di Jawah Tengah adalah sebagai berikut.

wisata solo

  1. Keraton Solo

Keraton Solo atau juga dikenal sebagai Keraton Surakarta Hadiningrat ini merupakan warisan budaya Indonesia yang sampai saat ini masih eksis di masyarakat Jawa Tengah termasuk masyarakat seluruh tanah air Indonesia.

Wisata Solo yang kaya akan budaya dan adat istiadatnya ini tidak pernah terlewati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah. Di sini para wisatawan bisa melihat aktivitas kerajaan yang masih ada di zaman pemerintahan republik.

  1. Candi Sukuh

Candi Sukuh merupakan candi peninggalan umat agama hindu yang terletak di wilayah Desa Berjo, Kecamatan, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Candi Sukuh memiliki bentuk yang tidak seperti candi umat hindu lainnya atau bisa dikatakan tidak lazim. Para wisatawan mungkin akan cukup heran saat melihat candi ini karena ukiran-ukiran yang terdapat di candi ini menggambarkan alat-alat kelamin manusia pada beberapa figurnya.

  1. Tawangmangu

Wisata solo yang satu ini juga menawarkan banyak sekali destinasi wisata alam dan wisata sejarah yang ditawarkan, yaitu

  1. Air terjun Grojokan Sewu
  2. Air terjun Jumong
  3. Air terjun Pringgodani
  4. Air terjun Parang Ijo
  5. Kebun teh Kemuning
  6. Agrowisata Sondokoro
  7. Taman Ria Balekambang
  8. Telaga Sarangan
  9. Telaga Madirda
  10. Bumi perkemahan Sekipan
  11. Candi Cetho
  12. Agrowisata Amanah
  13. Agrowisata Desa
  14. Museum Prubakala Dayu
  15. Wisata Alam Gunung Lawu
  16. Rumah Oleh-oleh Solo

Di kota Solo ini juga terdapat banyak rumah oleh-oleh yang menawarkan produk-produk khas dari Solo, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pasar Klewer
  2. Pasar Gede
  3. Solo Square
  4. Pasar Klithikan Notohardjo
  5. Pasar Kkliwon
  6. Pasar Triwindu
  7. Kampoeng Batik Laweyan
  8. Beteng Trade Center (BTC)
  9. Pusat Grosir Solo

 

Selain di atas ini, juga ada tempat oleh-oleh yang berada di kawasan sekitar Keraton Solo, yaitu pasar keris dan cinderamata. Wisatawan bisa memilih tempat mana yang akan dikunjungi untuk mencari oleh-oleh khas Solo dengan banyak pilihan

Wisata Solo juga menyajikan berbagai macam event budaya yang digelar setiap tahunnya yang sangat sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke kota Solo. Event budaya tersebut seperti sekaten yang diadakan di keraton Solo, kirab kebo bule dan ada juga solo batik carnival. Tidak hanya pengunjung dalam negeri yang meramaikan wisata Solo, pengunjung luar negeri atau internasional pun juga banyak yang berpartisipasi meramaikan wisata Solo.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *